Selasa, 20 September 2011

Magelang oohh Magelang


Beberapa waktu lalu, saya melihat siaran televisi (lupa stasiun mana...) tentang Magelang. Ternyata... Magelang merupakan salah satu kota paling kecil di Indonesia. Baru tahu saya... Tapi bukan itu fokus saya. Di sini saya akan mengulas sedikit tentang kota 'kecil ini.

Magelang adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari 3 kecamatan, yaitu : Magelang Utara, Magelang Selatan dan Magelang Tengah -yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa kelurahan. Kota yang memiliki slogan sebagai Kota HARAPAN (Hidup, Aman, RAPi, Asri dan Nyaman) ini merupakan daerah dengan pendidikan yang paling maju di Karesidenan Kedu, bahkan di tingkat provinsi Magelang masih eksis.

Di Kota Magelang terdapat sejumlah institusi pendidikan ternama di antaranya, SMP Negeri 1 Magelang, SMP Negeri 2 Magelang, SMP Negeri 7 Magelang, SMA Negeri 1 Magelang, SMK Negeri 1 Magelang, dan Akademi Militer (AKMIL) yaitu sekolah calon perwira TNI Angkatan Darat bernama Akademi Angkatan Darat (dahulu AKABRI). AKMIL merupakan tempat seleksi Tiga Angkatan TNI sebelum diterima di AAD (Magelang), AAU (Yogyakarta) dan AAL (Surabaya). Perguruan tinggi swasta lainnya adalah: Universitas Muhammadiyah Magelang (termasuk Akademi Kebidanan Muhammadiyah, Akademi Keperawatan Muhammadiyah, dan Politeknik Muhammadiyah), Universitas Tidar Magelang, serta STMIK Bina Patria serta Akademi Tirta Indonesia yang merupakan akademi tirta satu-satunya di Indonesia.

Meskipun 'kecil', kota dengan makanan khas Gethuk ini memiliki beberapa tempat menarik yang layak untuk dikunjungi. Berikut serba-serbi Kota Magelang :

Taman Kyai Langgeng
Pecinan Magelang / Jalan Pahlawan
Akademi Militer Magelang
Bukit Tidar
Taman Badaan
Alun-alun Kota Magelang
GOR Samapta
Ketep Pass
Kedung Kayang
Borobudur
 Satu lagi yang masih dalam tahap pembangunan. Armada Town Square (ARTOS) Magelang. 

Dan masih banyak lagiii... ^^ Lebih jelasnya, datang saja ke Magelang... Dijamin, gak nyesel. Hehe

Tidak ada komentar: